Breaking News
Loading...

Faedah Beriman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa.

Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul.

Beriman kepada Malaikat akan mendatangkan berbagai faedah, di antaranya:
  1. Kita akan mengetahui dan mengakui akan kebesaran Allah, kekuatan dan kekuasaan serta keagungan-Nya.
  2. Mewujudkan rasa syukur kepada Allah atas perhatian-Nya terhadap manusia dengan mengutus Malaikat untuk menjaga mereka.
  3. Sebaggai sugesti untuk senantiasa melaksanakan ketaatan dan berjalan di jalan petunjuk serta menjadi penghalang baginya dari melakukan dosa dan maksiat. Hal ini karena Malaikat akan memberikan syafa’at, berdoa, dan memohonkan ampunan bagi kaum mukminin, serta mencatat semua amal perbuatan manusia.
  4. Mewujudkan ketenangan dalam hati seorang mukkin keran yakin bahwa Malaikat menjaga dan menolongnya dengan perintah Allah, khususnya di saat genting.
  5. Mendorong untuk segera menjauhkan diri dari bentuk penyimpangan-penyimpangan syar’i serta perbuatan menyakiti malaikat.
Rasulullah Saw bersabda : “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar.”

Beliau juga bersabda : ”ada tiga orang yang tidak didekati Malaikat: (1) orang yang mabuk, (2) orang yang melumuri tubuhnya secara berlebihan dengan minyak za’rafan, dan (3) orang yang junub.”

Kemudian sabda beliau : “Barangsiapa yang memakan sayuran ini; bawang putih dan bawang bakung, maka janganlah ia mendekati kami di masjid-masjid kami, karena Malaikat tersakiti dengan apa yang menyakiti anak Adam.”

Jika demikian agung kedudukan Malaikat di alam ghaib serta demikian besar peran mereka dalam alam semesta ini, maka wajib bagi kaum muslimin untuk mengimani mereka dan menjalin hubungan dengan mereka dengan cara membersihkan diri, menyucikan hati, dan beribadah hanya kepada Allah SWT dengan penuh kekhusyu’an.

0 comments :

Post a Comment

 
Toggle Footer