Breaking News
Loading...

Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

Menurut Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus diajarkan oleh individu.

Secara sederhana, sosialisasi merupakan suatu proses dimana seseorang mempelajari pola-pola hidup dalam masyarakat sesuai dengan nilai, norma dan kebiasaan yang berlaku untuk berkembang sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu (pribadi). Manusia merupakan makhluk sosial sehingga sejak lahir memiliki hasrat sosial. Hasrat ini diantaranya adalah hasrat menyatu dengan masyarakat atau manusia lain yang berbeda di sekitarnya, hasrat menyatu dengan alam di sekitarnya.

Dalam arti luas, sosialisasi adalah proses pembelajaran masyarakat “menghantar” warganya kedalam kebudayaan. Sedangkan arti secara sempit, sosialisasi merupakan seperangkat kegiatan masyarakat , yang di dalamnya individu-individu belajar dan diajar memahirkan diri dalam peranan sosial sesuai dengan bakatnya.

Berikut beberapa definisi/pengertian sosiologi, menurut beberapa sumber:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sosialisasi artinya suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya. 

2. Wikipedia bahasa Indonesia
sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari stau generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. 

3. Koentjaraningrat 
Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

4. Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya. 
Contoh: Bu Tina mengajarkan anaknya mengucapkan kata “terima kasih” setelah diberi sesuatu oleh orang lain dengan tujuan agar anaknya bisa menghargai orang lain. 

5. Prof. Dr. Nasution, SH
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dunia sosial. 

6. Sukandar Wiraatmaja, M. A
Sosialisasi adalah suatu proses yang dimulai sejak seseorang itu dilahirkan untuk dapat mengetahui dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui dalam masyarakat. 

7. Drs. Suprapto
Sosialisasi adalah suatu proses belajar berinteraksi dalam masyarakat sesuai dengan peranan yang dijalankan. 

8. Hasan Shalidy
Sosialisasi adalah proses dimana seseorang mulai menerima dan menyesuaikan diri terhadap adat istiadat suatu golongan. Dimana lambat daun ia akan merasa sebagai golongan itu.

9. Bruce J. Cohen
Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar dapat berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok. 

10. Macionis
Pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan. 

11. Broom & Selznic
Proses membangun/menanamkan nilai2 kelompok pada diri seseorang. 

12. Stewart 
Proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, & kebiasaan dalam kebudayaannya. 

13. Horton & Hunt
Proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik. 

14. Karel J.Veeger
Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar. 

15. Charlotte Buehler 
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu untuk belajar dan menyesuaikan diri tentang bagaimana cara hidup dan cara berpikir kelompoknya agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

16. Bruce J.Cohen
Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok. 

17. Robert M.Z. Lawang
Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

18. Ritcher JR (1987 : 139)
Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat. 

19. Giddens (1994/60)
Sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal. 

20. Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya. 

21. WrightWright
Sosialisasi sebagai proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain. 

22. Edward Shils (1968)
Sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu. 

23. Nursal Luth 
Sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat. 

24. Peter L. Berger
Sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang dapat berpartisipasi dalam masyarakat. 

25. David Gaslin 
Sosialisai adalah proses belajar seorang anak untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat. 

26. Jack Levin dan James L. Spates
Sosialisasi adalah proses dimana kebudayaan di teruskan dan diinternalasikan oleh kebudayaan individu. 

27. Edward A. Ross 
Sosialisasi adalah pertumbuhan perasaan “kita”. Dimana perasaan ini akan menimbulkan tindakan segolongan. 

28. James L. Sprates
Sosialisasi adalah proses dimana kebudayaan di teruskan dan diinternalasikan oleh kebudayaan individu. 

29. Laurence
Sosialisasi adalah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan dan berusaha menguasai kebudyaan sebagai aspeknya.


Berdasarkan definisi-definisi tersebut dapat ditarik 4 hal pokok yang terdapat dalam sosialisasi:
  1. Sosialisasi merupakan proses yang berlangsung hidup manusia. 
  2. Di dalam sosialisasi terdapat saling pengaruh antara individu beserta potensi kemanusiaannya , dengan masyaraka beserta kebudayaannya. 
  3. Melalui proses sosialisasi , individu menyerap pengetahuan , kepercayaan, nilai-nilai, norma-norma, sikap dan keterampilan-keterampilan dari kebudayaan masyarakatnya. 
  4. Pada sosialisasi akan menghasilkan perkembangan kepribadian seseorang menjadi satu pribadi yang unik.      


Dan berdasarkan pengertian sosialisasi yang dikemukakan di atas, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut. 
  • Sosialisasi ditempuh seorang individu melalui proses belajar untuk memahami, menghayati, menyesuaikan, dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola perilaku masyarakatnya. 
  • Sosialisasi ditempuh seorang individu secara bertahap dan berkesinambungan, sejak ia dilahirkan hingga akhir hayatnya. 
  • Pada sosialisasi akan menghasilkan perkembangan kepribadian seseorang menjadi satu pribadi yang unik. 
  • Di dalam sosialisasi terdapat saling pengaruh antara individu beserta potensi kemanusiaannya dengan masyarakat beserta kebudayaannya. 
  • Sosialisasi erat sekali kaitannya dengan enkulturasi atau proses pembudayaan, yaitu suatu proses belajar seorang individu untuk belajar mengenal, menghayati, dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya terhadap sistem adat, nilai, sikap, keterampilan-keterampilan, dan norma, serta semua peraturan dan pendirian yang hidup dalam lingkungan kebudayaan masyarakatnya.


Sumber :
http://stevenkiprek97.blogspot.com, http://anggundm.blogspot.com, http://lilyistigfaiyah.blogspot.com, http://adayangbaruni.blogspot.com, http://ika11fatmahwati.wordpress.com, http://hedisasrawan.blogspot.com, http://kum-tugas.blogspot.com

1 comments :

  1. Bisa jelaskan tidak hubungan sosialisasi dengan kelompok?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer